Rabu, 23 Januari 2013

Metode guru yang saya harapkan


Metode guru yang paling disuka?  Pasti semua guru punya banyak cara untuk mengajar muridnya. Metode guru itu sangat penting untuk murid.
Metode yang disukai murid itu yang seru. Murid juga pasti paling males sama guru yang galak, terus membosankan, dan kurang jelas dalam mengajar. Banyak pr, ulangan terus. Memang setiap guru mempunyai metode sendiri- sendiri tapi lebih enak kalau guru itu bisa ngasih metode yang seru yang gak buat murid bete kalau gitu kan murid jadi suka belajar sama guru yang bersangkutan. Kalau belajarnya udah ga enak duluan gimana mau diterima pelajarannya.

Metode guru yang saya mau :
o   Jangan terlalu serius, karena kalau terlalu serius jadi tegang bisa – bisa pelajaran yang dikasih gak masuk ke otak, stress sendiri nanti.
o   Saya paling suka kalau ngeliat guru masuk kelas itu dengan muka bahagia gitu, senyum jangan jutek nanti jadi bete duluan saya.
o   Kalau masuk kelas jangan langsung belajar cerita-cerita dulu atau ngapain dengan hal yang seru.
o   Paling gaenak sama guru baru masuk kelas udah marah – marah.
o   Mengajarnya jangan sering muter muter yang kadang buat bingung murid.
o   Jika sesudah selesai ulangan lebih baik diisi dengan hiburan seperti nonton.
o   Mengajarnya pelan – pelan jadi murid bisa bener bener ngerti, kadang ada guru yang mengajarnya dengan cepat, dan suaranya pelan jadi tidak terlalu jelas.
o   Mengajarnya yang jelas, bener – bener jelas deh.
o   Kalau lagi ngajar biasanya kan murid capek mau istirahat sebentar dibolehin biar gak terlalu penat, ya setidaknya ada selingan waktu buat memulihkan otak.
o   Setiap selesai materi harus ada contoh soal, jadi kalau kita udah paham dengan materi lebih baik dikasih biar kita tau bentuk soalnya itu gimana.
o   Tugas jangan terlalu banyak. Kan pulang udah sore dan itu bener- bener capek kalau udah capek kan jadi maunya istirahat, pasti jadi males ngerjain tugas,.
o   Peraturan yang dibuat guru jangan terlalu banyak, jadi murid ga ngerasa bosan atau kesel karena terlalu banyak larangan.
o   Lebih enak kalau guru bisa diajak sharing jadi hubungan guru dan murid bisa lebih dekat, bisa berbagi cerita satu sama lain.
o   Sering sering membuat game buat murid karena itu bisa ngilangin stress, bosan, bete dll.
o   Kalau mau ulangan lebih baik tanyakan dulu sama murid udah siap belum, udah mengerti belum, jadi nilainya juga bagus.
o   Ulangannya jangan ditumpuk tumpuk, kalau satu bab udah selesai lebih baik pertemuan selanjutnya ulangan, kalau digabung pusing sendiri nanti malah jadi ribet.
o   Ngasih soal ulangannya jangan terlalu susah.

Sebenarnya murid juga mempunyai banyak sifat,. Ada murid yang suka belajar dalam keadaan yang bener – bener hening dan serius. Ada juga yang ingin belajar mendengarkan music atau sambil mengobrol, dengan seperti ini lebih baik guru mengajarnya dengan cara yang biasa aja ada kalanya serius ada juga kalanya santai sambil bercanda.
            Dan itu metode guru yang saya harapkan, seneng banget kalau bisa semua guru mempunyai metode ini mungkin sekolah tidak akan bosan. Sebenarnya lebih ke saling mengerti satu sama lain tidak semua orang mempunyai keinginan yang sama. Mungkin bagi saya metode seperti agar saya bisa belajar lebih efektif lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar